Selasa, 01 Januari 2013

Statistika dan Masa Depan



Prospek statistikawan di masa dpn :) 


Ketika duduk di bangku Universitas, pasti kita tak pernah lepas dari pertanyaan “Kalau lulus mau kerja dimana?” Jika mereka sedang duduk di fakultas kedokteran, pasti dengan bangga mereka akan menjawab menjadi seorang dokter di RS yang terkenal. Atau seorang mahasiswa Hubungan Internasional, tentu jawabannya menjadi seorang duta besar Indonesia di negara yang sudah mereka incar dari dulu.
Sekarang, mari kita lihat pada jurusan lain. Jurusan yang masih jarang terdengar oleh orang alias masih langka. Tidak terkecuali adalah program studi yang saat in saya tekuni yaitu STATISTIKA. Seperti pertanyaan; Itu statistika kalau sudah lulus kemana? Nantinya itu kerja dimana? Lulusan statistika kerjanya apa? dan lain sebagainya. Yaa,, STATISTIKA memang masih asing bagi beberapa orang, dan tentunya untuk pertanyaan-pertanyaan di atas dibutuhkan penjelasan lebih lanjut agar dapat menjawabnya.
Jika saya sendiri ditanya seperti itu, jawabanku apa? Mudah sekali… sebab STATISTIKA terbuka untuk semua bidang! Dia bukanlah jurusan yang tertutup. Yah paling dasar orang-orang bisa melihat aplikasinya pada Badan Pusat Statistik (BPS). Tapi tidak hanya itu, di perusahaan berbagai bidang membutuhkan statistikawan. Kalau penjelasan mengenai lapangan kerja lulusan statistika berikut saya kutip dari website jurusan Statistika di Universitas Diponegoro.
Prospek kerja sarjana Statistika dapat menempati posisi peneliti, CEO serta staff pada bagian Electronic Data Processing, System Analyst, Quality Control, Planning, Controlling and Production, dll. pada berbagai bidang :
1.      Lembaga pemerintahan (Depdagri, Diknas, Depkeu, Dephan dll)
2.      Sektor industri/jasa keuangan (perbankan, asuransi, bursa saham, BUMN)
3.      Industri strategis (PT. PAL, PT.KAI, PT.PLN, PT.GAS, dll)
4.      Bidang industri perangkat lunak dan komputer (perancangan sistem,
programming, desain grafis, dll)
5.      Bidang industri penerbitan dan percetakan.
6.      Industri telekomunikasi (telematika, Telkom)
7.      Industri pengolahan data dan informasi (BPS, LSI, Barometer, LRI, dll)
8.      Bidang riset dan pengembangan (LIPI, BATAN, LAPAN, BPPR,
Marketing Riset Informasi, dll)
9.      Bidang akademik, sebagai dosen di PTN dan PTS terkemuka.

Nah, pada intinya di semua bidang statistika dibutuhkan….
Eitss, sebelumnya saya mau menjelaskan sesuatu. Perihal lapangan kerja, apakah selalu lulusan sebuah jurusan pasti akan bekerja di bidang jurusan tersebut? Contohnya saja saya pribadi yang sekarang sedang menekuni jurusan statistika, apakah saya pasti nanti setelah lulus bekerja di tempat yang sesuai dengan jurusan itu? Jawabannya tidak selalu!
Ujung-ujungnya emang takdir, semua di tangan Allah. Tapi juga kita harus berusaha. Banyak juga loh, lulusan sebuah jurusan yang pekerjaannya nanti tidak sejalur dengan bidangnya itu. Sebab apa mau dikata, otak kita juga mempengaruhi. Bakat kita dimana juga kadang menjadi hal yang patut diperhitungkan. Oleh karena itu, skill kita lainnya juga harus diasah. Karena tuhan selalu lebih tahu yang terbaik untuk umatnya.. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar